Pembelajaran daring Rabu, 21 Oktober 2020 (TEKS ANEKDOT)

Pembelajaran daring Rabu, 21 Oktober 2020  


                                                                (TEKS ANEKDOT) 



Teks Anekdot

Pengertian atau definisi dari teks anekdot adalah cerita lucu yang berisi mengandung unsur kritikan. Kritikan itu biasanya ditujukan kepada seseorang, pemerintah dan layanan publik. unsur yang dikritik bisa dari segi sosial, ekonomi, budaya, agama dan pendidikan.

Makna dalam teks anekdot:

Teks anekdot memiliki makna tersiarat dan tersurat. Makna tersurat yaitu makna yang dapat ditemukan, karena ada wujud fisiknya, wujud fisiknya berupa kalimat. Makna tersirat yaitu makna yang ditemukan dengan harus membaca teks secara keseluruhan terlebih dahulu, baru bisa menyimpulkan makna teks tersebut.

Contoh 1

Siang tadi, terjadi pertemuan antara pasien di rumah sakit. Argus segera mengambil nomor antrean, bergegas menempati kursi kosong yang ada di pojok ruang tunggu.

 

Argus              : Permisi pak, boleh saya ikut duduk

Bernad                        : Oh, ya silahkan pak

Argus              : Pak sakit apa?

Bernad                        : Sakit hati pak.

Agus                : Sakit hati??? “sedikit bingung..”

Bernad                        : iya betul pak, lah kenapa?

Argus              : Sakit hati kok ke klinik Mata? “dengan perasaan heran…”

Bernad                        : Lah saya memang sakit mata pak, hanya saja saya sakit hati.

Argus              : Jadi bapak sakit mata atau sakit hati?

Bernad                        : Sakit hatinya kenapa Pasien BPJS selalu mendapatkan pelayanan kurang

                          maksimal.

Argus              : Oalahhh… maksudnya itu toh pak. “Terseyum heran..”  

 


Kesimpulan dari contoh 1

Berawal dari percakapan antara Bernad dan Argus di rumah sakit. Argus menyapa bernad, ia menanyakan kepada bernad apa yang dikeluhkan sehingga datang ke poli mata. Bernad menjawab bahwa ia sakit hati, jawaban bernad membuat agus terkejut. Kemudaian menanyakan kenapa sakit hati tapi ke poli mata pak? Lantas bernad menjawab dengan tegas dan jelas, bahwa saya memang ada keluhan dibagian mata tapi juga sakit hati, karena saya pengguna BPJS selalu mendapatkan pelayanan yang kurang maksimal. Setelah kejadian itu argus baru paham, ternyata pak bernad sedang mengkritik pelayanan rumah sakit lewat percakapan singkatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANDUAN

Panduan daring blog

PANDUAN Proses pembelajaran daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X. 1. Silahkan masuk menu "Materi" pada Blog ...